Bagaimana kabar sobat Androiderz? semoga semuanya sehat selalu amin. Android adalah perangkat open source yang pada awalnya hanya untuk pengguna smartphone dan sekarang sudah merambah ke Tablet hingga Phablet. Sebenarnya system Android dasarnya seperti linux. Bagi anda pengguna linux pasti tahu bahwa linux bisa di modif seperti Virtual Memory nya, linux juga bisa di Overclock begitu juga Android.

Apa sih yang di maksud overclock itu ?
Overclock atau Overclocking adalah proses meningkatkan clock (frekuensi) processor Android agar beroperasi lebih cepat atau diperlambat dari frekuensi clock yang sudah ditentukan oleh bawaan pabrik dengan memodifikasi parameter sistem sesuai kebutuhan agar mendapatkan performa Android yang di inginkan.

Keuntungan Overclock :
Dengan teknik Overclock, Android kita dapat memperoleh peningkatan kecepatan, bisa menghilangkan lag dan kehabisan RAM, tapi teknik overclock ini dapat meningkatkan daya konsumsi baterai menjadi lebih boros, tapi bagi para gamers mungkin tidak masalah karna yang di butuh kan adalah performa saat bermain game itu sendiri.

Mari kita mulai sobat Androiderz.
Syarat pertama melakukan Overclock pada Android adalah akses Root. Apabila Android anda belum di Root silakan klik disini. Bagi anda yang menggunakan Custom Rom anda tidak perlu repot karna biasanya sudah di sediakan dalam menu settings.

Syarat kedua dengan menginstall aplikasi Overclock untuk Android, salah satunya yang paling terkenal, SetCPU.

SetCPU adalah salah satu dari sekian banyak aplikasi untuk overclock di android. SetCPU sudah support untuk smartphone, tablet, ataupun phablet. Diantaranya Samsung Galaxy Series, Sony Xperia Series, HTC One Series dan Nexus. Bila anda memakai SetCPU anda akan merasakan hasilnya karna SetCPU akan menambah kinerja Android sobat. 

SetCPU memungkinkan kita untuk mengatur profil clock processor Android dalam kondisi tertentu seperti pada app apa saja yang berjalan, pada waktu sedang sleep atau charging, pada waktu ketahanan baterai turun di bawah titik tertentu, pada saat suhu telepon terlalu tinggi atau selama waktu tertentu dalam sehari.

Lihat screenshot dibawah sebagai contoh bagaimana anda dapat mengatur parameter di SetCPU.


Karna di Google Play adalah aplikasi berbayar saya sediakan link download di bawah ini tenang saja gratis kok.

Sekian tutorial Bagaimana Cara Overclock Android. Gunakan lah dengan bijak misal default clock anda 600MHz anda naikan menjadi 1000MHz. Bukan menambah performa Android anda malah kebalikannya bisa merusak processor Android anda.

Resource : http://yusronkrista.blogspot.com/2013/07/bagaimana-cara-meng-overclock-android.html

10 comments:

  1. oke udah sy unduh. tinggal dicoba, thanks, sob

    ReplyDelete
  2. glek, gak pernah berani ngoverclock hape mas, mending beli yg spek dewa ex s3 atau aipon sekalian (wenak ya kalo ngomong, duitnya belakangan, nabung, 10 tahun lagi pasti kebeli kok)

    ReplyDelete
    Replies
    1. maklum spek hp saya rendah mas :D
      hehe nanti kalo udah 10 tahun ada hp yang lebih dewa lagi mas :D

      Delete
  3. Wah sangat bermanfaat sekali sob...
    http://center60.blogspot.com/

    ReplyDelete
  4. gan set cpu kagak nyala napa ye?

    ReplyDelete
  5. coba uninstall dulu trus install lagi

    ReplyDelete
  6. makasih Bro insyaAllah manfaat, jazakallohkhoiron katsir...

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar tentang artikel di atas dengan menggunakan bahasa yang baik. Jika komentar mengandung unsur SARA atau SPAM maka komentar akan di hapus. Untuk mengetahui balasan komentar melalui email pilih "Subscribe by email". Tanggapan anda sangat berharga, Terima kasih :)

 
Top